• Bromo
  • Bali
  • Kawah Ijen
  • Lombok

Kabupaten Jember adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribukota di Jember. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri dari 31 kecamatan.Destinasi Yang Dapat Dikunjungi adalah :

1.Pantai Papuma Jember, Pantai Paling Eksotis di Jawa Timur

Pantai Papuma

Pantai Papuma Jember merupakan salah satu wisata pantai yang dimiliki Jawa Timur. Nama Papuma sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Dan singkatan tersebut lah yang hingga kini lebih familiar di telinga wisatawan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan satu satunya negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, sebuah anugerah yang cukup membanggakan. Kini, destinasi wisata pantai unggulan tidak hanya bisa di dapatkan di pulau dewata saja, melainkan hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki pantai yang cantik dan layak untuk di kunjungi, salah satunya pantai Papuma yang terletak di Jawa Timur ini. Suasana yang sejuk dengan suhu 25 derajat hingga 32 derajat membuat wisatawan yang berkunjung kesini merasa betah dan ingin berlama lama menghabiskan waktu liburan nya. Terlebih lagi, wisatawan yang berkunjung diperbolehkan untuk mandi di laut, kecuali di area area yang dilarang. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang membuat panti ini nampak terlihat asri dan alami. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok digunakan sebagai area berkemah dan outbound.

2.Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur

Pantai Watu Ulo di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai indah yang sangat terkenal dengan mitos asal mula pantai Watu Ulo ini sangat menarik perhatian untuk anda kunjungi, sebab selain memiliki keindahan panorama pantai yang memang sudah terkenal juga disini memiliki nilai mitos dan history yang sangat menarik untuk diketahui lebih dalam. Mengenai popularitas pantai ini yang tak hanya dikenal oleh para masyarakat Jember, namun juga terkenal di kalangan masyarakat di kota-kota yang lain, khususnya para travelers. Pantai Watu Ulo ini berada di desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur. Atau terletak sekitar kurang lebih 40 Km ke arah selatan dari pusat kota Jember, selain itu pantai Watu Ulo ini berada bersebelahan dengan Pantai Papuma yang posisinya terdapat disebelah barat pantai Watu Ulo ini. Letaknya yang relatif berdekatan dengan pantai lainnya yaitu pantai Papuma, mengakibatkan pantai Watu Ulo ini menjadi pilihan detinasi wisata bagi para wisatawan yang datang ke Kabupaten Jember bersama pantai Papuma. Meskipun demikian, pamor dari pantai Watu Ulo tak kalah memikat para wisatawan dibandingkan dengan pantai Papuma.

Pantai Watu Ulo

Di sepanjang bibir pantai, kita bisa menyaksikan banyak perahu tradisional nelayan setempat yanh terjejer. Perahu-perahu nelayan tersebut digunakan sebagai sarana utama bagi para nelayan setempat untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian mereka, seperti aktivitas mencari ikan di laut lepas ataupun hanya sekedar mengantar para wisatawan bila ada yang berniat menyewa perahu mereka. Selain memiliki panorama pantai yang begitu indah. Kita juga dapat meneruskan menjelajahi destinasi wisata lainnya seperti Goa Jepang, sebuah taman bermain untuk anak-anak, hingga menjelajahi Goa Kelelawar. Bagi para pecinta alam tentunya akan bersenang hati bila bisa melakukan kegiatan perkemahan, karena di pantai Watu Ulo ini terdapat spot khusus yang sangat cocok untuk digunakan mendirikan tenda perkemahan. Dengan berlatar belakang panorama pantai Watu Ulo, tentunya kegiatan berkemah di kawasan pantai Watu Ulo ini akan menjadi terasa begitu berkesan di hati dan tentunya sangat menyenangkan.

3.Taman Botani Sukorambi Jember Jawa Timur

Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Sukorambi terletak di Jalan Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi sekitar 8 km ke arah barat laut dari kota Jember. Di Taman Botani Sukorambi ini juga disediakan berbagai fasilitas khusus untuk Para Penelusur seperti, kolam renangberbagai ukuran (Anak-anak, dewasa dan kolam renang Muslimah), kolam ikan, kolam perahu/kano, kolam pancing, perpustakaan, pendopo, gazebo, Flying fox (atas dan bawah), kebun obat/tanaman herbal serta kebun buah durian dan buah naga. Untuk kolam renang muslimah ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi dan tertutup.

4.Wisata Pemandian Rembangan, Kawasan Puncak Jember

Wisata Rembangan Jember adalah sebuah wisata yang berlokasi di sebuah puncak pegunungan yang menonjolkan agrowisata. Secara garis besar, ada dua objek wisata yang ditawarkan, yaitu pemandian dan pemandangan puncak. Apabila hanya sekedar ingin menikmati pemandangan puncak, maka tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Tiket masuk hanya dikenakan kepada pengunjung yang ingin memasuki area pemandian saja. Namun apabila ingin menikmati wahana dan paket yang disediakan, setiap pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk. Ketika berada di puncak, hawa dingin dengan suhu hingga mencapai 18 derajat disertai kicauan burung dan pemandangan lembah yang terhampar luas membuat suasana hati merasa tenang dan damai.

Caption

Pengunjung pada umumnya menikmati pemandangan yang luar biasa ini dengan duduk-duduk santai di warung-warung yang ada di pinggir jalan sambil menikmati camilan dan minuman khas penduduk setempat. Melalui warung warung tersebut, pengunjung dapat melihat wajah kota Jember dari ketinggian, sangat indah. Selain pemandangan cantik kota Jember, dari atas puncak pemandian Rembangan juga terlihat jelas perkebunan, persawahan dan pegunungan pegunungan yang memukau. Wisata Rembangan Jember dikelilingi oleh perkebunan kopi dan perkebunan buah naga. Dan kawasan ini menjadi pemasok terbesar untuk buah Naga di wilayah Jember. Selain buah naga dan kopi, Kawasan Rembangan Jember juga penghasil buah durian yang terkenal sangat manis. Apabila sedang musim, buah buahan tersebut dapat di dapat dengan harga yang relatif murah.

4.Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Gambir

Jember memiliki salah satu ikon wisata seperti yang ada di Puncak – Bogor, yaitu wisata yang menawarkan kesejukan alam perkebunan teh yang asri yang merupakan peninggalan zaman Belanda lengkap dengan pabrik pengolahannya. Lokasi agrowisata ini terletak 48 Km barat laut dari kota Jember, tepatnya di desa Gelang, kecamatan Sumber baru berada di lereng pegunungan Argopuro dengan ketinggian 900 Mdpl.

Perkebunan Teh

Untuk menuju ke lokasi dari kota Jember bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena belum ada transportasi umum menuju ke lokasi karena agrowisata ini masih belum dikembangkan dengan baik terutama untuk prasarana seperti transportasi dan akses jalan, namun kedepan bila di kembangakan dengan baik akan menjadi salah satu ikon agrowisata andalan bagi kabupaten Jember. Perkebunan teh gunung Gambir begitulah nama agrowisata yang dikelola oleh PT.Perkebunan Nusantara XII ini. Lereng Gunung Argopuro ini memang memiliki tanah dan udara yang ideal untuk sebuah perkebunan teh, terutama yang ada diperkebunan teh gunung Gambir ini, disini dikembangkan 8 jenis teh yang dikenal juga dengan teh bir atau “bir tea”.