• Bromo
  • Bali
  • Kawah Ijen
  • Lombok

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah selatan Surabaya dan merupakan kota terbesar di kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, serta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduk. Selain itu, Malang juga merupakan kota terbesar kedua di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung. Kota Malang berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Malang. Luas wilayah kota Malang adalah 252,10 km2. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang). Wilayah Malang Raya yang berpenduduk sekitar 4 juta jiwa, adalah kawasan metropolitan terbesar kedua di Jawa Timur setelah Gerbang kertosusila. Kawasan Malang Raya dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia.Berikut beberapa Wisata yang ada di Kota Malang :

1.PANTAI BALEKAMBANG

Pantai Balekambang salah satu pantai yang sangat indah dan populer di Malang. Balekambang salah satu Pantai Malang yang mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara, keindahan pantai Balekambang sungguh sangat luar biasa pantai ini mempunyai keunikan tersendiri, adanya pura yang terdapat di pantai Balekambang membuat pantai ini sering di sebut Tanah Lot-nya Malang.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang salah satu tujuan favorit bagi masyarakat Malang maupun luar Malang, setiap akhir pekan pantai Balekambang selalu di padati pengunjung, dengan keindahan pantai Balekambang pengunjung tidak pernah kecewa ketika melihat pantai ini, banyak sekali wisatawan kembali lagi mengunjungi pantai Balekambang yang sangat indah ini. Ada 3 pulau berjajar yang begitu memukau di pantai Balekambang dan masing-masing memiliki nama yaitu pulau Ismoyo, pulau Wisanggeni, pulau Anoman. Di pulau Ismoyo terdapat pura dan nama pura tersebut adalah Pura Amerta Jati, untuk menuju pura juga ada jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai, dan anda harus mematuhi peraturan yang berlaku di Pura Amerta Jati untuk menghormati tempat ini.

Pantai Balekambang selain wisata alam juga sebagai wisata religi di hari-hari tertentu. Karena banyak sekali pengunjung wisata Balekambang untuk melakukann ziarah ke makam SYAIKH ABDUL JALIL pada 1 Sya’ban, tokoh ini yang pertama kali membabat alas pantai Balekambang, selain itu umat Hindu yang berada di dekat pantai Balekambang juga menggunakannya sebagai tempat ibadah utama setiap hari raya Nyepi.

Letak pantai Balekambang sendiri terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menju ke pantai Balekambang kita harus mempersiapkan diri sebab jaraknya dari pusat kota Malang lumayan cukup jauh sekitar 67 KM, untuk angkutan umum untuk saat ini masih belum ada tetapi jalan menuju pantai Balekambang cukup baik.

2.AIR TERJUN COBAN PELANGI

sebuah air terjun unik yang dapat mengeluarkan berbagai macam warna bak pelangi. Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana disekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah terjadi adalah 19 derajat celcius.

Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun Coban Pelangi ini terletak tidak jauh dari gunung Semeru dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Tak heran jika Coban Pelangi sangat populer di kalangan hikers khususnya mereka yang pernah mendaki gunung Semeru. Keadaan alam di air terjun ini masih sangat natural, karena belum banyak tangan manusia yang menjamah tempat ini. Ketika pertama kali tiba di tempat ini, wisatawan akan disambut oleh merdunya suara burung dan hiruk pikuk satwa liar yang menghuni tempat ini.

3.AIR TERJUN COBAN RONDO

Air Terjun Coban Rondo Malang adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Air Terjun Coban Rondo

Wisata air terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan jarak dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km dan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

4.PANTAI SENDANG BIRU

Di kota Malang kita bisa menikmati Pantai Sendang Biru yang menjadi primadona pariwisata.Tempat Wisata Pantai Sendang Biru ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, tepatnya 30 km bagian selatan Malang. Pantai laut biru ini berada di Samudera Hindia yang terhalangi oleh sebuah pulau tak berpenghuni. Meski berada di pesisir laut selatan, ombak pantai Sendang Biru tidak besar sebab terhalang pulau konservasi Sempu. Wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu pasti akan melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Pasalnya, pantai ini terbentuk sebagai selat sempit yang memisahkan bibir pantai dan Pulau Sempu.

Pantai Sendang Biru

Nama ‘sendang biru’ berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti ‘sumber air yang berwarna biru’. Ya, pantai ini memang sangat jernih dengan air yang kebiruan. Destinasi tersebut juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan di Malang dan sebagai tempat mendarat perahu nelayan. Perahu-perahu ini juga disewakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling menikmati panorama Pantai Sendang Biru.

Saat berada di tengah laut cobalah untuk menengok ke bawah. Anda akan melihat pemandangan biota laut yang terlihat jelas. Ikan-ikan kecil berenang di sela-sela karang membuat liburan Anda tidak akan pernah terlupakan. Uniknya, pantai ini dikelola oleh masyarakat setempat yang masih taat menjalankan adat. Wisatawan yang ingin menyeberangi laut menuju Pulau Sempu harus mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika Anda ingin menyaksikan tradisi tersebut datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7 dan 8 bulan Syawal.

5.CANDI SINGOSARI

Candi Singosari Malang, salah satu peninggalan sejarah pada masa Kerajaan Hindu-Budha. Candi yang memiliki tinggi 15 Meter ini terletak di kawasan kecamatan Singosari tepatnya di desa Candirenggo Kabupaten Malang, berjarak sekitar 10 KM dari arah kota Malang. Lokasi Candi singosari sendiri sangat mudah di temukan karena memang letaknya tak jauh dari akses jalan besar Malang menuju Surabaya. Biasanya orang memakai pasar Singosari sebagai patokan, karena letaknya tidak jauh dari pasar tersebut, kira – kira jaraknya sekitar 500 m dari pasar singosari.

Candi Singosari

Candi ini di bagi menjadi 4 bagian, yaitu teratas adalah bagian atap, yang di susul oleh bagian tubuh candi, kemudian ada kaki candi dan bagian terbawah adalah teras candi. Belum ada yang tau persis kapan Candi Singosari Malang ini di dirikan, tetapi menurut para sejarawan candi ini di bangun pada tahun 1300. Candi ini di bangun untuk memperingati 12 tahun kematian Raja Kertanegara. Sebenarnya di komplek Candi Singosari Malang terdapat 7 bangunan candi. Hanya saja beberapa candi sudah runtuh dan banyak arca yang tidak berada pada tempatnya, dan candi yang bisa di selamatkan adalah candi yang sekarang bernama candi Singosari ini. Dan ada juga arca – arca yang berasal dari komplek percandian ini di bawa ke Belanda tepatnya di museum yang ada di Leiden. Dan arca – arca yang berada di halaman candi saat ini merupakan sisa sisa dari candi yang sudah musnah. Marilah kita menjaga peninggalan – peninggalan Sejarah yang ada di Negara Indonesia, jangan sampai justru Negara lain yang menjaganya. Pesan admin jangan merusak atau mengotori tempat – tempat bersejarah karena tempat – tempat itu patutnya kita jaga dan kita lestarikan keberadaannya.

6.PERKEBUNAN TEH WONOSARI

Perkebunan Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari, Lawang Jawa Timur merupakan agrowisata perkebunan teh seluas 1.144 hektar dan memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa. Kebun ini berada di dataran tinggi, dengan rentangan 950 mdpl hingga 1.250 mdpl. Kebun agrowisata ini merupakan satu satu nya kebun teh di Jawa Timur yang dikelola sebagai destinasi wisata. Kebun Teh Wonosari Lawang menjadi alternatif wisata puncak bagi masyarakat Jawa Timur yang tidak ingin pergi jauh jauh ke Bogor. Wisata di Wonosari ini tidak kalah dengan wisata puncak di Bogor, mungkin hanya kalah popularitas saja. Suasana di sekitar kebun sangat sejuk ditambah dengan hamparan luas kebun teh yang tampak hijau membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan ingin berlama lama. Bahkan, tidak sedikit dari wisatawan yang memutuskan untuk menginap. Memang sangat tidak rugi apabila menginap di sana, karena tidak hanya pemandangan saja yang ditawarkan oleh kebun agrowisata ini, melainkan juga aktivitas seru lain nya.

 

RECOMENDED PROGRAMS